Sunday, 31 March 2019

Tidak salah untuk melakukan wisata kuliner yang sophisticated di Jogja. Namun, restoran mewah bukanlah salah satu daya tarik dari kuliner Jogja. Street food merupakan salah satu pesona yang memikat banyak wisatawan. Para turis lokal maupun internasional rela menyempatkan waktu datang ke Kota Pelajar hanya untuk sekedar mencicipi cita rasa makanan Jogja yang khas.

Untuk menemukan kuliner legendaris di Jogja, Anda perlu melakukan perjalanan yang cukup panjang dari tengah kota. Hal tersebut terkesan menyulitkan jika Anda baru kembali lagi ke Jogja dalam waktu yang cukup lama. Namun, perjalanan panjang tersebut akan membuahkan hasil, sebuah pengalaman yang menyenangkan. Sebelum bergegas untuk merasakan lezatnya kuliner legendaris khas Jogja, ada baiknya Anda coba untuk memesan tiket pesawat murah Citilink sebagai pilihan moda transportasi Anda menuju kota pelajar tersebut.

10 Kuliner Legendaris khas Jogja yang Lezat, Wajib Coba

  1. Sate Klathak Pak Bari
Sate Klathak mungkin Nampak seperti sate kambing pada umumnya. Yang membedakannya adalah ukuran dagingnya yang besar dan tusuk satenya yang terbuat dari besi. Lokasi Sate Klathak Pak Bari bisa ditemukan di kawasan Bantul di dalam sebuah pasar daging dan hanya buka di malam hari.
  1. Gudeg Yu Djum
Setiap melintasi jalanan di Jogja, Anda akan mudah menemukan rumah makan Gudeg Yu Djum. Gudeg yang terkenal kelezatannya hingga seluruh penjuru nusantara ini, menyajikan gudeg nangka yang sangat lembut dan gurih. Gudeg ini juga bisa dimakan oleh orang yang tidak begitu suka makanan manis.
  1. Mie Lethek Mbah Mendes
Kata Lethek ini berarti kotor dalam Bahasa Jawa. Tapi, makanan ini jauh dari kata tersebut. Warna mie yang hitam membuat sang penjual menamainya Mie Lethek. Anda bisa pilih jenisnya sesuai selera, ada mie goreng, mie rebus, bahkan ada pilihan untuk mencapurnya dengan nasi goreng. Perut kenyang, hati senang.
  1. Bakmi Mbah Mo
Bakmi Jawa berbeda dengan bakmi yang biasa kita temukan di Chinese food. Bakmi ini dimasak di atas anglo, atau tungku arang, memberikan efek matang yang merata untuk kuliner khas Bantul, Jogja satu ini. Biasa dihidangkan dengan suwiran ayam dan telur, membuatnya semakin mantap untuk disantap.
  1. Mangut Lele Mbah Marto
Berlokasi di daerah Sewon, Bantul, para pengunjung dipersilakan untuk mengambil hidangan nasi dan lele langsung dari dapur sang pemilik. Keunikannya membuat Mangut Lele Mbah Marto ini terkenal dan orang-orang penasaran untuk menikmati cita rasa masakan rumah yang lezat.
  1. Ingkung Mbah Kentol
Masih di kabupaten Bantul, Jogja, jangan lupa untuk mampir ke warung makan Ingkung Mbah Kentol. Hidangan andalan dari tempat makan ini adalah ingkung ayam. Satu ekor ayam kampong utuh dimasukan ke dalam anyaman bambu, diungkep, dan digoreng. Cara tersebut dilakukan agar bumbu meresap secara sempurna.
  1. Tengkleng Gajah
Tenang, Anda tidak akan memakan masakan yang berasal dari olahan gajah di tempat makan yang bisa ditemukan di Jalan Kaliurang, Jogja. Tengkleng merupakan sajian dari potongan tulang kambing yang biasa disajikan bersama kuah yang bening. Kata gajah disematkan karena potongan daging dan tulang kambing yang dihidangkan sangatlah besar.
  1. Lontong Goreng Cik Tong
Kuliner unik ini juga merupakan salah satu hidangan legendaris yang bisa Anda temukan di Jogja. Berada di warung Cik Tong, Sleman, lontong goreng ini disajikan secara menarik ditemani topping mie kuning, bakwan, dan sayuran. Bumbu khas Sumatera digunakan dalam mengolah lontong goreng ini yang menambah cita rasa yang unik.
  1. Kopi Klotok Pakem
Waktu yang paling pas mengunjungi kopi klotok adalah saat sore hari. Berada di atas lahan yang luas di kawasan Sleman, tempat ini menawarkan pengalaman bersantai menyeruput secangkir kopi sembari menikmati matahari terbenam. Biji kopi di sini diolah dengan penuh perhatian, menghasilkan aroma yang harum dengan cita rasa mantap. Apalagi kalau dinikmati bersama pisang goreng.
  1. Jenang Gempol Bu Gesti
Jenang merupakan salah satu hidangan pencuci mulut yang terkenal di Jawa Tengah dan Jogja. Untuk mencoba kuliner legendaris ini, Anda perlu mampir ke pasar Lempuyangan. Bu Gesti menawarkan berbagai macam jenis jenang, seperti jenang sumsum, jenang candil, dan jenang mutiara.

Bagaimana? Sudah tidak sabar mencicipi kuliner khas Jogja? Segera persiapkan cuti Anda agar dapat mengunjungi Jogja sejenak dan menikmati kelezatan segala jenis makanan yang tersedia di kota ini.

1 comments:

Betul itu, tapi jangan lupa untuk nyobain Wisata kuliner di Malang, atau Wisata kuliner di Bandung, atau enggak Wisata kuliner di Bali yang tentunya enak tapi tidak terlalu membuat badan bisa rusak.


EmoticonEmoticon