Friday, 13 September 2019

Turnamen game atau esport mempunyai ekosistem yang massif serta merupakan industry yang cukup besar. Karena itu tak heran bila peminatnya pun cukup besar. Total hadiah pada suatu kejuaraan game ini dapat mencapai miliaran rupiah karena didukung oleh banyak sponsor. Sebenarnya semua jenis game dapat diperlombakan, namun dengan perkembangan teknologi internet produsen game dapat menyediakan produk game yang lebih canggih. Game-game online memungkinkan untuk dimainkan oleh banyak orang dari berbagai tempat. Karena itu jenis game demikian ini lebih cepat populer dan diminati.

Esport

Mengenal jenis game yang sering dipertandingkan dalam esport

Inilah beberapa game eSports yang kerap dipertandingkan di berbagai negara.

MOBA (Multiple Online Battle Arena)

Game ini cukup unik karena satu karakter dalam game dapat dimainkan oleh tim yang umumnya terdiri dari 5 pemain. MOBA juga kerap memecahkan rekor sebagai game turnamen, mulai dari jumlah penonton paling banyak, hingga besarnya hadiah bagi peserta. Game MOBA terdiri dari beberapa jenis yaitu  Dota 2, League of Legends, Mobil Legends: Bang Bang, Vainglory, Heroes of The Storm, dan lain-lain.

FPS First –Person Shooter

FPS semakin banyak diminati di jaman sekarang ini. Permainan ini hampir sama seperti simulasi perang dengan senjata dan menempatkan player dalam perspektif karakter yang dia mainkan. Jadi tampilan game ini hanya berupa moncong senapan. FPS dapat dimainkan secara individu atau secara tim. Beberapa jenis esport  FPS yang sering diturnamenkan adalah Doom, Special Force, Rainbow Six 2, Quake, Call of Duty, Unreal Turnamen, Team Fortrees 2, Cross Fire Counter-Strike , Halo, Battlefield, Painkiller, Over Watch, , Alliance of Valiant Arms, dan lain-lain.

RTS (Real Time Strategy)

Game RTS lebih mengandalkan pada strategi dan dapat dimainkan dalam waktu yang panjang. Sebelum mulai pertarungan dengan lawan, sebelumnya player harus membangun kekuatan dahulu. contoh game RTS yang paling populer adalah Clash of Clans. Pada game ini player menyusun strategi berdasarkan tampilan peta besar yang menunjukkan daerah kekuasaannya serta daerah musuh. Pemain harus memperhitungkan sedemikian rupa bagaimana dia membangun wilayah, menciptakan pasukan, melindungi sumber daya, dan lain-lain.

Sports Games

Sports games adalah simulasi dari olahraga yang biasa kita kenal seperti sepak bola, memancing, panahan, bowling, tenis, bela diri, dan lain-lain. Sports Games yang sering dipertandingkan adalah NBA 2K. Madden NFL, FIFA, Rocket League. Dan lain-lain. Games ini dapat dimainkan di ponsel, PC, console, dan arcade.

Racing

Hampir sama seperti sports games racing juga berupa simulasi balapan baik dengan kendaraan darat, udara, serta air. Game ini umumnya menampilan kemudi dengan seorang karakter sebagai pengendalinya, persis seperti game FPS yang melibatkan player secara langsung pada situasi. Controller untuk player bentuknya hampir sama dengan setir atau bisa juga berbentuk joystick.

Baca Juga : Mengulas Seputar Beberapa Alat Komunikasi Zaman Sekarang dan Teknologi Masa Depan

Selain 4 jenis esport di atas, jenis game yang juga sering dipertandingkan adalah Fighting Games. Nah, yang mana favorit Anda?


EmoticonEmoticon