Wednesday, 4 September 2019

Warung kopi merupakan salah satu jenis usaha yang dapat dijadikan sebagai usaha sampingan. Selain itu kebiasaan dari masyarakat Indonesia adalah minum kopi sambil berbincang-bincang bersama. Oleh karena itu tidak sedikit pengusaha yang memilih warung kopi untuk dijadikan sebagai bisnis.

Usaha Kecil-Kecilan Tapi Menguntungkan

Selain itu usaha ini juga dapat dikatakan tidak terlalu sulit untuk dijalankan. Namun bagi seorang pemula tetap harus mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam memulai peluang usaha warung kopi. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan tersebut yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

1. Menyiapkan Modal Bisnis

 Hal pertama yang harus di lakukan dalam memulai usaha warung kopi adalah menyiapkan modal bisnisnya. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang sangat penting dan harus dipikirkan sebelum memulai usaha warung kopi. Jika dijalankan dalam skala kecil usaha warung kopi ini dapat dimulai dengan modal sekitar 1 juta.

Dalam hal ini usaha warung kopi dapat dimulai dengan sederhana dan tidak perlu memaksakan untuk membuat bisnis yang mewah. Hal yang terpenting adalah Harus melihat bagaimana kemampuan yang dapat dilakukan dalam memulai bisnis ini.

2. Menentukan Target Konsumen

Hal lain yang juga harus dipertimbangkan adalah menentukan target konsumen dari usaha warung kopi nantinya. Dalam hal ini pelaku usaha harus memikirkan siapa yang cocok untuk dijadikan sebagai target dalam usaha warung kopi. Apabila memahami konsumen dapat dilakukan dengan baik maka pelaku usaha sudah dapat menentukan strategi yang tepat dalam menjalankan usaha ini nantinya.

Adapun cara untuk dapat menentukan target konsumen adalah dengan menganalisa mulai dari Apa pekerjaan dari target konsumen, Bagaimana pendapat konsumen terkait cita rasa kopi, dan lain sebagainya. Lebih lanjut strategi Nantinya juga akan dapat ditentukan mulai dari lokasi bisnis, penentuan harga yang pas, serta desain dari warung kopi yang menyesuaikan target konsumen.

3. Mencari Supplier

Agar dapat menjalankan bisnis ini tentu diperlukan adanya kerjasama dengan supplier dalam memenuhi kebutuhan bisnis. Dalam hari ini mencari supplier juga harus ditentukan berdasarkan target konsumen yang telah di putuskan sebelumnya.

Sebagai contoh yaitu target konsumen yang ditentukan sebelumnya tergolong dalam kelas menengah ke bawah. Maka supplier yang dipilih juga dapat dengan mudah ditemukan di pasaran.

Dimana dalam hal ini kopi instan yang dijual di pasaran sudah mencukupi kebutuhan produksi dari warung kopi. Namun jika target konsumen yang ditentukan dari kalangan menengah ke atas maka harus mementingkan citarasa dibandingkan dengan harga. Oleh karena itu supplier yang cocok adalah harus memiliki kualitas yang baik dalam menawarkan produknya.

4. Menentukan Konsep Bisnis

Meskipun warung kopi yang dijalankan termasuk dalam bisnis kecil menengah. Bukan berarti tidak diperlukan adanya konsep bisnis dalam menjalankannya. Hal ini dilakukan untuk dapat menghindari persaingan bisnis karena usaha warung kopi ini sudah menjamur di tengah masyarakat sehingga juga tidak sedikit kompetitor yang hadir.

Konsep bisnis akan dapat memberikan pembeda antara usaha warung kopi yang dijalankan dengan pesaing bisnis lainnya. Dengan demikian konsep bisnis akan dapat menarik konsumen serta mampu mengembangkan usaha warung kopi. Sebagai contoh yaitu dapat digunakan konsep minimalis yaitu dengan menu kopi yang dibuat dengan penyajian yang minimalis.

Pastikan untuk dapat menentukan konsep yang tetap memperhatikan kenyamanan dari konsumen. Karena hal tersebut berkaitan dengan kebanyakan orang yang sedang menikmati kopi saat bersantai.

5. Menentukan Lokasi Bisnis

Bisnis apa saja yang dijalankan akan memerlukan lokasi strategis untuk dapat menarik pelanggan. Hal tersebut tentu juga berlaku pada usaha warung kopi yang ingin dijalankan. Selain itu lokasi yang strategis juga akan dapat menentukan apakah bisnis dapat berkembang untuk kedepannya.

Jika warung kopi yang dijalankan mengusung konsep kedai kopi sederhana. Pastikan untuk dapat memilih lokasi yang mudah dijangkau oleh banyak orang. Akan tetapi jika konsep yang dipilih lebih mewah seperti Cafe maka dapat ditentukan lokasi yang yang dekat dengan masyarakat modern seperti Mall, kampus, kantor, dan lain sebagainya.

6. Promosi Bisnis 

Tips terakhir dalam menjalankan usaha warung kopi adalah melakukan promosi bisnis. Langkah ini dilakukan agar bisnis warung kopi yang dijalankan dapat dikenal oleh masyarakat luas. Terdapat berbagai macam strategi yang dapat dilakukan. Beberapa diantaranya yaitu dari mulut ke mulut, promosi melalui sosial media, pemberian harga promo, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam membangun warung kopi sebagai usaha sampingan. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon